RIZKIA HAQIQI PUTRI, 165060062 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptip Kualitatif dengan Tehnik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRACK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang pengaruh penggunaan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SD. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, finding. Tehnik analisis data dilakukan secara induktif, deduktif, interpretatif, dan komparatif. Hasil belajar merupakan suatu perubahan yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran dapat tercapai dalam mengukur keberhasilan belajar. Maka dari itu hasil belajar siswa bisa meningkat melalui adanya keterlibatan pada pembelajaran, keterlibatan berarti anak ikut berperan secara aktif dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Salah satu model yang di duga dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model kooperatif learning tipe jigsaw. Model pembelajaran jigsaw menekankan kepada bekerja sama antara siswa satu dengan siswa lainnya secara hetorogen sehingga dapat menyelasaikan masalah. dalam pembelajaran menggunakan jigsaw langkah-langkah yang dilakukan yaitu dengan tahap persiapan (menyampaikan tujuan), menginformasikan bahan ajar, pembagian kelompok asal dan ahli, pembagian tugas-tugas kelompok, diskusi kelompok, kembali ke kelompok asal, evaluasi, dan memberikan penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif learning tipe jigsaw rata-rata mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena keterlaksanaan aspek-aspek aktivitas guru dalam model pembelajaran jigsaw dan karena siswa lebih dikategorikan aktif dan mengalami peningkatan belajar saat pembelajaran dikelas. Dimana model kooperatif tipe jigsaw ini siswa dapat bekerja sama untuk menyelesaikan tugasnya dan saling bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri. Hal ini terlihat dari banyaknya teori yang mendukung model kooperatif learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa SD. Kata Kunci: Kooperatif learning tipe jigsaw, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 03:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 03:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49049 |
Actions (login required)
View Item |