ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

DINA MARINA, 165050042 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Fix.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (452kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kenyataan di lapangan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dimana siswa belum bisa memahami konsep matematika dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan peran guru untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah model pembelajaran knisley. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana kajian kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) menganalisis bagaimana konsep model pembelajaran knilsey; (3) menganalisis bagaimana implementasi model pembelajaran knisley dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Pengumpulan data dilakukan dengan cara editing, organizing dan finding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan yang bertujuan agar siswa dapat memahami setiap konsep matematika sehingga bukan hanya sekedar hafalan semata. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis berarti ia dapat menyatakan kembali apa yang sudah diperolehnya dengan ucapan atau tulisannya sendiri, dapat menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya maupun dapat menyelesaikan masalah matematika walaupun pada soal-soal yang tidak rutin sekalipun. (2) Model pembelajaran knisley memberikan sebuah kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep baru berdasarkan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa sebelumnya. Siswa membangun sebuah pengetahuannya sendiri maka akan memungkinkan untuk dapat memahami konsep matematika yang dipelajarinya karena dilibatkannya siswa secara langsung lewat pengalamannya selama proses pembelajaran. (3) Implementasi model pembelajaran knisley dapat memengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui empat tahapan yaitu konkret-reflektif, konkret-aktif, abstrak-reflektif dan abstrak-aktif. Melalui empat tahapan tersebut hal yang memengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu siswa dapat menyatakan kembali sebuah konsep, memberikan suatu contoh dari hal yang sedang dipelajari, dapat mengidentifikas hal yang diketahui dan dibutuhkan dari suatu persoalan sehingga dapat mengembangkan syarat cukup atau syarat perlu dari sebuah konsep serta dapat mengaplikasikan suatu konsep dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kata kunci: Model Pembelajaran Knisley dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:56
Last Modified: 09 Oct 2020 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49046

Actions (login required)

View Item View Item