ARIEN ASTINITA, 165060097 (2020) PENGARUH KEIKUTSERTAAN SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 57 KECAMATAN BOJONGLOA KALER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Inggris.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Sunda.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif analisis, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan data yang bersifat aktual dan dilanjutkan dengan menganalisis data tersebut untuk mencari pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya sehingga menghasilkan data yang sebagian berupa angka-angka dan dari hasil belajar tersebut dapat digunakan sebagai suatu kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara dan studi dokumenter dengan jumlah populasi 353 siswa kelas VI angkatan 2019/2020 dan sampel sebanyak 95 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu hanya siswa yang mengikuti bimbingan belajar saja. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN 099 Babakan Tarogong dan SDN 147 Citarip Barat membuktikan bahwa dari 95 siswa yang mengikuti bimbingan belajar, terdapat 58,9% siswa yang mengalami kenaikan secara bertahap. Pencapaian siswa dalam memenuhi ketuntasan belajar minimal (KBM) , yaitu 48 siswa atau 50,52% pada Penilaian Harian 1, 67 siswa atau 70,52% pada Penilaian Harian 2 dan 91 siswa 95,78% pada Penilaian Tengah Semester. Berdasarkan hasil hitungan regresi linear sederhana yang menghasilkan data sig sebesar 0,000 < 0,05 dari taraf signifikan, Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara bimbingan belajar dengan hasil belajar siswa. Kata kunci: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 02:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 02:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48883 |
Actions (login required)
View Item |