KAJIAN STRATEGI PEMASARAN, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA UKM PRODUK IKONIK KERAMIK DI JAWA BARAT MARKETING STRATEGIES & IMPROVED OPTIMIZATION OF COMPETENCE OF ENTREPRENEURSHIP: SURVEY OF SMALL AND MEDIUM BUSINESS IN INDONESIA CERAMIC ICONIC PRODUCTS

Dede R. Oktini, NPM. 169010006 (2020) KAJIAN STRATEGI PEMASARAN, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA UKM PRODUK IKONIK KERAMIK DI JAWA BARAT MARKETING STRATEGIES & IMPROVED OPTIMIZATION OF COMPETENCE OF ENTREPRENEURSHIP: SURVEY OF SMALL AND MEDIUM BUSINESS IN INDONESIA CERAMIC ICONIC PRODUCTS. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
artikel.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena kinerja pemasaran yang belum cukup dijadikan penopang ekonomi kerakyatan sesuai visi pemerintah daerah dan belum sesuai dengan harapan pemerintah pusat. Hal tersebut ditunjukkan dengan menurunnya jumlah gerai, realisasi dari target ekspor belum tercapai, dan hasil pra survey yang menunjukkan strategi pasar dan strategi bauran pemasaran belum efektif, kompetensi kewirausahaan, keunggulan bersaing pemasaran dan kinerja pemasaran masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji strategi pemasaran, kompetensi kewirausahaan dalam meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran UKM keramik di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Metode analisis data menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha UKM Keramik di Jawa Barat, jumlah sampel 220 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pemasaran lebih besar (dominan), sedangkan pengaruh strategi pasar dan pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keunggulan bersaing pemasaran tidak dominan. Pengaruh langsung strategi pasar terhadap keunggulan bersaing pemasaran sebesar 3,96%, pengaruh langsung strategi bauran pemasaran terhadap keunggulan bersaing pemasaran sebesar 11,38% dan pengaruh langsung kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pemasaran sebesar 16,44%. Pengaruh tidak langsung strategi pasar melalui strategi bauran pemasaran sebesar 3,18%, melalui kompetensi kewirausahaan sebesar 5,51%. Pengaruh tidak langsung strategi bauran pemasaran melalui kompetensi kewirausahaan sebesar 9,94%. Pengaruh langsung keunggulan bersaing pemasaran terhadap kinerja pemasaran sebesar 77%. Hasil penelitian verifikatif membuktikan bahwa strategi pasar, strategi bauran pemasaran dan kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pemasaran dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci : Strategi Pasar, Strategi Bauran Pemasaran, Kompetensi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing Pemasaran, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Sep 2020 05:04
Last Modified: 08 Sep 2020 05:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48816

Actions (login required)

View Item View Item