PENGARUH KOMUNIKASI KOLEGIAL, KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT JIWA DI JAWA BARAT

PENI CAHYATI, NPM : 169010012 (2020) PENGARUH KOMUNIKASI KOLEGIAL, KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT JIWA DI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
PENI CAHYATI_DIM - Copy.doc

Download (346kB)

Abstract

Kinerja pelayanan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat berdasarkan kinerja efisiensi pengelolaan rawat inap pada periode tahun 2012 - 2016 mengalami penurunan bahkan tidak mampu mencapai target/ standar kinerja pelayanan yang telah ditetapkan, baik berdasarkan pada BOR (Bed Occupancy Rate), BTO (Bed Turnover Rate), LOS (lama rata-rata perawatan), maupun TOI (interval penggunaan tempat tidur) Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis komunikasi kolegial, kompetensi, budaya organisasi dan mengetahui pengaruhnya terhadap terhadap komitmen serta implikasinya pada kinerja perawat Rumah Sakit Jiwa di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif eksplanatori. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi. Pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2019. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara komunikasi kolegial, kompetensi, budaya organisasi, komitmen dan kinerja perawat berada pada kriteria cukup baik menuju sangat baik. Terdapat pengaruh komunikasi kolegial, kompetensi dan budaya organisasi terhadap komitmen baik secara simultan maupun parsial dan komitmen berpengaruh terhadap kinerja perawat Rumah Sakit Jiwa di Jawa Barat. Kata Kunci : Komunikasi Kolegial, Kompetensi, Budaya Organisasi, Komitmen, Kinerja Perawat.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:58
Last Modified: 26 Jun 2020 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48120

Actions (login required)

View Item View Item