KAJIAN STRATEGI POLA PENYALURAN KREDIT UMKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI BANK BJB DI JAWA BARAT) STUDY OF THE STRATEGY FOR MSME CREDIT LENDING PATTERN IN EFFORTS TO INCREASE COMPANY GROWTH (CASE STUDY AT THE BJB BANK IN WEST JAVA)

KRISDIANA, NPM. 139010047 (2020) KAJIAN STRATEGI POLA PENYALURAN KREDIT UMKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI BANK BJB DI JAWA BARAT) STUDY OF THE STRATEGY FOR MSME CREDIT LENDING PATTERN IN EFFORTS TO INCREASE COMPANY GROWTH (CASE STUDY AT THE BJB BANK IN WEST JAVA). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
KRISDIANA_DIM.docx

Download (228kB)

Abstract

Peran UMKM sangat penting dalam mendorong perekonomian di Indonesia, UMKM yang berjumlah sekitar 63 juta unit mempekerjakan 116 juta orang, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 60%. Bank Indonesia telah mengeluarkan PBI 14/22/PBI/2012 untuk mendorong perbankan menyalurkan kredit ke sektor UMKM. Pemerintah Jawa Barat selaku shareholder terbesar mendorong bank bjb menyalurkan kredit ke sektor UMKM. Bank bjb harus mempunyai strategi penyaluran kredit UMKM yang tepat sehingga bisa meraih potensi bisnis, memenuhi ketentuan regulator dan keinginan shareholder. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memberikan masukan bagi bank bjb dalam upaya mengoptimalkan penyaluran kredit UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan perusahaan untuk menggapai visi menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, single case study, dengan metode snowball sampling. Fokus penelitian menitikberatkan pada Kajian Strategi dengan menggunakan analisis strategi manajemen dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif strategi yang bisa dipilih bank bjb yaitu strategi pengembangan produk dan strategi penetrasi pasar. Strategi pengembangan produk untuk mengisi celah pelaku UMKM yang unfeasible dan unbankable. Strategi penetrasi pasar yaitu mengoptimalkan produk – produk kredit UKM yang ada, diantaranya dengan bersinergi dengan program – program Pemerintah dan penyaluran kredit ke koperasi. Strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar harus didukung oleh strategi – strategi berdasarkan matriks SWOT. Kata Kunci : Manajemen Strategik, Analisis Strategi, Strategi Pola Penyaluran Kredit UMKM, Pertumbuhan Perusahaan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:16
Last Modified: 11 Jun 2020 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47908

Actions (login required)

View Item View Item