Model Inovasi Bisnis Pada UKM Rotan (Analisis perspektif Teori Model Bisnis Canvas UKM Di Kabupaten Cirebon). Business Model Inovation on Small Medium Enterprises (SMEs) of Rattan Industry (Business Model Canvas Perspective Analysis of SMEs in Cirebon)

Ida Hindarsah, NPM. 109113038 (2019) Model Inovasi Bisnis Pada UKM Rotan (Analisis perspektif Teori Model Bisnis Canvas UKM Di Kabupaten Cirebon). Business Model Inovation on Small Medium Enterprises (SMEs) of Rattan Industry (Business Model Canvas Perspective Analysis of SMEs in Cirebon). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Ida Hindarsah_DIM COPY.docx

Download (37kB)

Abstract

Model Inovasi Bisnis Pada UKM Rotan (Analisis perspektif Teori Model Bisnis Canvas UKM Di Kabupaten Cirebon). Penelitian bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis, di bawah bimbingan promotor Prof. Dr. Ir. H. Iman Sudirman, DEA., dan co promotor Prof .Dr.H.Azhar Affandi, SE.MSc. Disertasi ini diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen strategic serta model inovasi bisnis dan model bisnis kanvas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan eksplanatory research melalui pendekatan case study. Focus penelitian ini adalah menitikberatkan pada pelaksanaan model bisnis kanvas dengan menggunakan Sembilan indikator. Adapun informan dalam penelitian ini adalah para pelaku UKM rotan, kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, perwakilan buyer, para sub kon, serta para expert judgment. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan sub-sub komponen dalam model bisnis kanvas teruji dapat memetakan model bisnis pada usaha kecil dan menengah (UKM) industri rotan di Kabupaten Cirebon (2) Model bisnis yang diterapkan pada UKM rotan di Kabupaten Cirebon teruji menggunakan sembilan komponen model bisnis kanvas yang terdiri dari customer segment, value proposition, chanel, customer relationship, key partner, key resources, key activities, cost structure dan revenue streams serta komponen tambahan berdasarkan hasil penelitian yaitu komponen owner predispoing factors.(3) Kendala-kendala yang dapat diidentifikasi ketika menerapkan model bisnis kanvas pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) rotan di Kabupaten Cirebon adalah sebagian besar dikarenakan leglitas yng cukup rumit, teknologi yang belum terstandar, terbatanya sumber daya manusia, krisis bahan baku karena kebijakn pemerintah.(4) Elemen model bisnis yang harus diadaptasi menggunakan model bisnis inovasi pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) rotan di Kabupaten Cirebon adalah menempatkan inovasi model bisnis menjadi sesuatu yang akan ditampilkan di manufaktur modern untuk menghadapi dinamika kondisi bisnis industri rotan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan Ilmu Manajemen khususnya manajemen strategic, sebagai kerangka acuan bagi penerapan model bisnis kanvas pada UKM rotan di Kabupaten Cirebon Kata kunci: Export, Industri Rotan, Model Bisnis Kanvas, Usaha Kecil Menengah.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:11
Last Modified: 17 Dec 2019 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47403

Actions (login required)

View Item View Item