Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis, Pemecahan Masalah Dan Self Confidence Siswa Zonasi Pada Materi Segiempat

Eris Rismayanti, NPM. 178060052 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis, Pemecahan Masalah Dan Self Confidence Siswa Zonasi Pada Materi Segiempat. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Eris Rismayanti_MPM copy.docx

Download (46kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis,kemampuan pemecahan masalah, dan Self Confidence siswa kelas VII-8 SMP Negeri 18 Bandung melalui penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 18 Bandung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes kemampuan pemahaman matematika, pemecahan masalah dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah sebagai berikut: persentase ketuntasan kemampuan pemahaman matematika siswa pada siklus I berada pada kriteria sedang, pada siklus kedua mengalami peningkatan meskipun masih tetap pada kriteria sedang, dan pada siklus ketigapun mengalami peningkatan kriteria tinggi. Sedangkan persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I berada pada kriteria sedang, pada siklus kedua mengalami peningkatan meskipun masih tetap pada kriteria sedang, dan pada siklus ketigapun mengalami peningkatan kriteria tinggi. Untuk sikap self confidence pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) relatif lebih baik dari kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika, kemampuan pemecahan masalah dan self confidence siswa kelas VII-8 SMP Negeri 18 Bandung pada tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Think Pair Share, Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:49
Last Modified: 09 Dec 2019 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47385

Actions (login required)

View Item View Item