Laela Monika, 155060042 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa masih banyak ditemukan dilapangan, oleh sebab itu peneliti memilih model Numbered Head Together saat pembelajaran karena Numbered Head Together dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Cangkuang 02 dengan jumlah 74 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa yakni kelas VA dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen, teknik yang digunakan untuk memilih sampel adalah purposive sampling memilih sampel dengan tujuan tertentu. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berisis 30 pernyataan, pretest sebelum melakukan penelitian posttest sesudah melakukan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil analisis data berdasarkan uji hipotesis diperoleh signifikansi pada kedua kelas sebesar 0,00< dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model Numbered Head Together, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:39 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 08:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46519 |
Actions (login required)
View Item |