DIO HAFYAR PUTRA, 155060174 (2019) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment Kelas IV SD Kecamatan Batununggal). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian reinforcement terhadap motivasi belajar peserta didik. Reinforcement dibagi menjadi dua yaitu reward dan punishment. Untuk pemberian reward dapat memberikan reward verbal dan reward non verbal. Sedangkan untuk punishment berupa teguran dan pengurangan poin. Dari penelitian ini peneliti menggunakan quasi eksperimen yang desainnya yaitu Nonequivalent Control Group. Dalam menggunakan metode penelitian tersebut sampel tidak dipilih secara random, dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan metode reinforcement sedang untuk kelas kontrol tidak menggunakan reinforcement. Penelitian ini di lakukan di 5 SD sekecamatan Batunungal yaitu MIS Darul Hidayah, SDN 219 Babakan Jati, SDN 145 Binong Jati, SDN 028 Gumuruh, dan SDN 220 Gumuruh. Instrumen yang di pakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. dengan butir pertanyaannya berasal dari indikator motivasi belajar menurut Hamzah B. Uno yaitu 1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil, 2) Adanya dorongan dan kebutuhan daam belajar. 3) Adanya harapan dan cita-cita masa depan, 4) Adanya penghargaan dalam belajar, 5) Adanya kegiatan yang menaarik dalam belajar 6) Adanya lingkungan belajar yang kondusif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan guttman. Sehingga teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas (richardkuderson21). Sedangkan untuk pengujian hipotesis data menggunakan spearman. Dalam pengujian hipotesis dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan. Karena dalam data penelitian menunjukan bahwa ke 5 SD mendapatkan data > 0,50, artinya terdapat pengaruh antara variabel X dan Y. berbeda dengan kelas kontrol yang tidak ada pengaruh antara variabel X dan Y karena datanya < 0,50, yang artinya tidakk terdapat pengaruh antara variabel X dan Y. Kata kunci: reinforcement, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:29 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 08:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46511 |
Actions (login required)
View Item |