Mega Milyana, 155060068 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa diduga salah satunya terjadi karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu pembelajaran yang bersifat monoton atau konvensional yang masih cenderung berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, maka peneliti tertarik pada model pembelajaran yaitu model Problem Based Learning. Melalui model Problem Based Learning diharapkan siswa semakin aktif dan semangat mengikuti proses belajar mengajar dikelas sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Cicadas. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 027 Cicadas, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil dari nilai uji regresi linear sederhana yaitu di dapat nilai konstanta sebesar 2,259 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,811 pada kelas eksperimen. Nilai tersebut akan dimasukkan kedalam rumusan masalah persamaan regresi yang diterjemahkan bahwa nilai variabel hasil belajar sebesar 2,259. Sedangkan nilai koefisien untuk variabel X sebesar 0,811 yang artinya setiap penambahan 1% nilai X (model pembelajaran Problem Based Learning) maka nilai Y (hasil belajar) bertambah sebesar 0,811. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar adalah pengaruh yang positif, dengan melihat taraf signifikansinya adalah 0,003 < 0,05, maka dapat disimpulkan hipotesis kerja Ha yang menyatakan diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan tatkala menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Cicadas, dapat diterima. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 08:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46502 |
Actions (login required)
View Item |