PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung)

Mega Milyana, 155060068 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa diduga salah satunya terjadi karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu pembelajaran yang bersifat monoton atau konvensional yang masih cenderung berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, maka peneliti tertarik pada model pembelajaran yaitu model Problem Based Learning. Melalui model Problem Based Learning diharapkan siswa semakin aktif dan semangat mengikuti proses belajar mengajar dikelas sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Cicadas. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 027 Cicadas, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil dari nilai uji regresi linear sederhana yaitu di dapat nilai konstanta sebesar 2,259 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,811 pada kelas eksperimen. Nilai tersebut akan dimasukkan kedalam rumusan masalah persamaan regresi yang diterjemahkan bahwa nilai variabel hasil belajar sebesar 2,259. Sedangkan nilai koefisien untuk variabel X sebesar 0,811 yang artinya setiap penambahan 1% nilai X (model pembelajaran Problem Based Learning) maka nilai Y (hasil belajar) bertambah sebesar 0,811. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar adalah pengaruh yang positif, dengan melihat taraf signifikansinya adalah 0,003 < 0,05, maka dapat disimpulkan hipotesis kerja Ha yang menyatakan diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan tatkala menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Cicadas, dapat diterima. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:12
Last Modified: 25 Oct 2019 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46502

Actions (login required)

View Item View Item