REGRA AMANDA, 155060116 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIP TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas IV SDN 032 Tilil Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARK INDO.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTAK INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Tilil Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Adapun, rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,3 sedangkan pada kelas kontrol 0,2 maka dari itu peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) lebih besar peningkatannya dari pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dari hasil pengujian independent t sample memperoleh hasil sis.(2tailed) sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dengan demikian terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament). Selain itu, pengaruh antara model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar diswa dengan menggunakan uji determinasi dimana hasil R square memperoleh nilai sebesar 0,470 yang kemudian dimasukkan pada rumus dimana hasil koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 47%. Dengan demikian, maka dapat disimplkan bahwa model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata Kunci: hasil belajar, siswa, TGT.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:40 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46484 |
Actions (login required)
View Item |