PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELALAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluncat 1 Kabupaten Bandung)

Linton Chintya Siahaan, 155060117 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELALAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluncat 1 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB III linton.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa melalui model discovery learning dalam pembelajaran IPA Organ Pernapasan Manusia. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciluncat 01 Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan siswa dikelas V SDN Ciluncat 01 Kabupaten Bandung banyak peserta didik yang kurang ada rasa ingin tahu, tidak ada aktivitas, tidak mempunyai kebutuhan dalam bidang mata pelajaran, tidak ada usaha dalam mencapai apa yang diinginkan dalam proses pembelajaran dikarenakan guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya dengan model discovery learning belum pernah dilaksanakan. Quasi Ekperimen ini menggunakan lembar observasi minat belajar dan menggunakan pretest posttest. Setiap pertemuan menerakan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu: pemberian rangsang, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Tes evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest untuk mengetahui minat belajar melalui model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning ini berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan 0,9 yang artinya pengaruh minat dan hasil belajar itu berpengaruh dengan model discovery learning. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Ciluncat 01 Kabupaten Bandung. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning ini dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata kunci : discovery learning, minat belajar, hasil belajar,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:38
Last Modified: 30 Oct 2019 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46482

Actions (login required)

View Item View Item