PEMBELAJARAN MENGANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA CUPLIKAN TEKS FIKSI DAN NON FIKSI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ria Oktaverina Tampubolon, 155030026 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA CUPLIKAN TEKS FIKSI DAN NON FIKSI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER RIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai "Pembelajaran Menganalisis Tanggapan Cuplikan Teks Fiksi Dan Non Fiksi Dalam Forum Diskusi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 40 Tahun Pelajaran 2018/2019". Ada pun hasil penelitiannya adalah: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi cuplikan teks fiksi dan non fiksi dalam diskusi. Peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,70 dan dalam pelaksanaan pembelajaran peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,75. Dari kedua nilai tersebut, peneliti mempunyai nilai dengan kategari sangat baik (A). 2) Peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung dapat menyajikan semua tanggapan secara tulis cuplikan teks fiksi dan non fiksi. Hal ini dibuktikan dari selisih nilai rata -rata pretest sebesar 27,0 dan nilai posttest sebesar 79,0. Selisih dari kedua nilai tersebut sebesar 55. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Perbedaan tersebut diperoleh dari hasil uji paired sample t-test rata-rata yang didapatkan dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pretest sebesar 29,0 dan posttest sebesar 91,0. Sedangkan pada rata-rata kelas kontrol yaitu pada pretest sebesar 27,0 dan posttest sebesar 79,0. 4) Model cooperative integrated reading and composition lebih efektif daripada dan model ceramah pada pembelajaran menelaah pemahaman cuplikan teks fiksi dan non fiksi dalam forum diskusi. Nilai peserta didik kelas eksperimen hasil perhitungan N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 83,63 kategori cukup efektif. Sementara untuk nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol sebesar 56,91.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Oct 2019 08:06
Last Modified: 22 Oct 2019 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46288

Actions (login required)

View Item View Item