PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA SENI DAERAH YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL-FALAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUHAMMAD FAJAR AL GIFFARI, 155030042 (2019) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA SENI DAERAH YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL-FALAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Fajar.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract Fajar.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan Fajar.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Fajar.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Fajar.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB III Fajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV Fajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Fajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Fajar.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah yang dibaca peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah pada penelitian ini menggunakan model inside-outside circle. Model inside-outside circle adalah strategi belajar kooperatif yang menempatkan peserta didik ke dalam kelompok untuk membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil, lalu saling memberikan informasi kepada lawan bicaranya. Model inside-outside circle membantu peserta didik untuk belajar berbicara dengan memberikan informasi di depan orang lain. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Falah Bandung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest, yaitu menggunakan pretest dan posttest dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah yang dibaca dengan menggunakan model inside-outside circle di kelas VIII SMP Al-Falah Bandung. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,55; (2) Peserta didik di kelas VIII SMP Al-Falah Bandung mampu mengikuti pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah. Hal ini dibuktikan dari hasil pretest dengan rata-rata 31,88 dan hasil posttest dengan rata-rata 75. Perbedaan ini menunjukkan selisih 75 – 31,88 = 43,12; (3) Model inside-outside circle efektif bagi pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah yang dibaca di kelas VIII SMP Al-Falah Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung ≥ t tabel, yaitu 6,55 > 1,71. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 23. Kata kunci: pembelajaran, menceritakan kembali, isi teks ulasan tentang kualitas karya seni daerah yang dibaca, model inside-outside circle.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2019 07:10
Last Modified: 19 Oct 2019 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46157

Actions (login required)

View Item View Item