NISA PRATIWI, 145030072 (2019) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN SEBUAH NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahaan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 mendemonstrasikan naskah drama merupakan keterampilan berbicara. Berkaitan dengan penjelasan diatas, penuis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan dengan menggunakan metode role playing di kelas XI SMAN 1 Lembang. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan naskah dra-ma dengan memerhatikan isi dan kebahasaan dengan menggunakan metode role playing di kelas XI SMAN 1 Lembang?; 2) Mampukah peserta didik di kelas XI SMAN 1 Lembang mendemonstrasikan naskah drama?; 3) Efektifkah metode role playing diterapkan dalam pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama di kelas XI SMAN 1 Lembang?; Terdapat perbedaan hasil belajar mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan metode role playing?; Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan metode bermain peran bermain peran role playing di kelas XI SMAN 1 Lembang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,7 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2) Peserta didik di kelas XI SMAN 1 Lembang mampu mengikuti pembelajaranmendemonstrasikan naskah drama dengan tepat. Hal ini dibuktikan dengan pretes mendapatkan nilai rata-rata 35,8, sedangkan nilai rata-rata postes (Y2) sebesar 76,24.. 3) Metode pembelajaran role playing efektif diterapkan dalam pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama di kelas XI SMAN 1 Lembang. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil prates dan hasil postes pada pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan metode role playing di kelas XI SMAN 1 Lembang. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar mendemonstrasikan naskah drama dengan menggunakan metode role playing. Hal ini dibuktikan penulis pada kelas eksperimen (X1) mendapatkan nilai rata-rata 35,8, sedangkan nilai rata-rata postes (Y2) sebesar 76,24 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil pretes (X3) adalah sebesar 34,6, sedangkan postes (Y4) memiliki nilai rata-rata sebesar 70,88. Kata Kunci : Mendemonstrasikan, Naskah Drama, Role Playing
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Oct 2019 03:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2019 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46141 |
Actions (login required)
View Item |