PENINGKATAN SISTEM KOGNITIF SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MENGGUNAKAN SPIDER WEBBED LEARNING

RADEN AINAN NABILA, 155040059 (2019) PENINGKATAN SISTEM KOGNITIF SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MENGGUNAKAN SPIDER WEBBED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK B.INDO.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Spider Webbed Learning dapat meningkatkan sistem kognitif siswa SMA pada materi pembelajaran keanekaragaman hayati. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa siswi kelas X MIPA di SMA Nasional Bandung yang berjumlah 22 orang. Metode yang digunakan pada penelitian adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah capaian sistem kognitif siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa soal pilihan ganda dan essay dengan jumlah 32 soal yang terdiri dari 23 soal pilihan ganda dan 9 soal essay. Hasil pada penelitian ini N-Gain sistem kognitif siswa semuanya sudah berkriteria tinggi, namun jika dilihat rata-rata perolehan N-Gain yang paling baik ada pada level Comprehension yaitu 0,78, selanjutnya Analyzing dengan rata-rata 0,77, kemudian Knowledge Utilization dengan rata-rata 0,74, dan yang terakhir Retrieval dengan rata-rata 0,72. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan Spider Webbed Learning berhasil meningkatkan kemampuan High Order Thingking Skill (HOTS) siswa SMA. Kata Kunci: Sistem Kognitif, Spider Webbed Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2019 02:12
Last Modified: 19 Oct 2019 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46123

Actions (login required)

View Item View Item