PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E

Annisa Agustina, NPM. 158060028 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Annisa Agustina_MPM copy.docx

Download (30kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis serta rendahnya Self-Confidence matematika siswa IPS SMAN 1 Margahayu merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menggunakan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pembelajaran Learning Cycle 7E yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis serta dampaknya Self Confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Margahayu. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas yang pada tahun ajaran 2016/2017. Kelas XI IPS 1 diberikan perlakuan dengan model Learning Cycle 7E dan kelas XI IPS 2 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis, tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket Self Confidence yang mengadopsi dari skala Likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan Pemahaman Konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional secara keseluruhan. Sedangkan ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa (tinggi,sedang dan rendah) Pada kemampuan awal siswa rendah peningkatan tidak ada perbedaan signifikan (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional secara keseluruhan. Sedangkan ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa (tinggi,sedang dan rendah), kemampuan awal siswa tinggi dan rendah peningkatan tidak ada perbedaan signifikan (3) Self Confidence siswa KAM tinggi, sedang, dan rendah yang memperoleh model leraning Cycle 7E lebih baik Self Confidence siswa dengan KAM tinggi, sedang, dan rendah yang memperoleh pembelajaran konvensional, (4) Terdapat korelasi positif Self Confidence matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terhadap kemampuan berpikir komunikasi matematis. Kata kunci: Learning Cycle 7E, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi matematis, Self Confidence siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:46
Last Modified: 18 Oct 2019 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46072

Actions (login required)

View Item View Item