PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION WITH STRUCTURED INQUIRY (PISI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN, KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK

RISKA NARULITA SARI, NPM. 158060031 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION WITH STRUCTURED INQUIRY (PISI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN, KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
RISKA NARULITA SARI_MPM copy.docx

Download (64kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis peningkatan kemampuan penalaran matematis, komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan Mixed method model Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Prakarya Internasional Kota Bandung tahun ajaran 2016-2017 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas kelas X RPL 2 dan kelas X TKJ 1. Hasil penelitian yang diperloeh adalah: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Terdapat hubungan antara kemampuan penalaran matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa; (5) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran matematis siswa dan kemandirian belajar siswa; (6) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI), Penalaran Matematis, Komunikasi matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:41
Last Modified: 18 Oct 2019 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46071

Actions (login required)

View Item View Item