MEGA PURNAMAYANTI, 155040063 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK PADA MATERI JARINGAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 2 KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
16. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
17. BAB 4 HASILPENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
18. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi jaringan hewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran Blended Learning sebagai Komponen TPACK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Pre-Experimental yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dan tidak mungkin ada kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI MIPA SMA Nasional Bandung tahun ajaran 2019/2020 pada semester ganjil dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 44,06 dan skor rata-rata posttest sebesar 86,25 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor dengan rata -rata sebesar 83,91% dengan kategori baik. Selanjutnya, pada aspek psikomotor mendapatkan skor dengan rata-rata 86,56% dengan kategori sangat baik. Dan pembelajaran dengan metode ini mendapat respon positif peserta didik 55,73%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pem belajaran Blended Learning sebagai Komponen TPACK pada materi jaringan hewan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Blended Learning sebagai Komponen TPACK, Hasil Belajar, Jaringan Hewan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 06:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46066 |
Actions (login required)
View Item |