RIDWAN MAKI FIRMANSYAH, 155030130 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA STRUKTUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER fix.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya memunculkan ide-ide pada peserta didik. Sulitnya memunculkan ide-ide terutama dalam menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menulis tek seksposisi berfokus pada struktur kebahasaan menggunakan model Experential Learning; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi berfokus pada struktur; dan mengetahui kefektifan model Experential Learning dalam pembelajaran menulis teks eksposisi berfokus pada struktur dibandingkan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, tes, dan uji coba. Adapun hasil penelitian, yaitu penulis mampu merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,55 kategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelaja ran dengan memperoleh nilai 3,51 kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata -rata hasil pretes 36,60 dan rata-rata hasil postes 75,25. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Model Experential Leaning efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan model langsung pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada uji N-Gain yang membuktikan bahwa hasil 61,48 pada kelas eksperimen cukup efektif dibandingkan kelas kontrol 14,73. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa model Experential Learning efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks eksposisi berfokus pada struktur kebahasaan. Kata Kunci : Menulis, model Experential Leaning, struktur, teks, eksposisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:25 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45620 |
Actions (login required)
View Item |