ESA JULIA PRATMI, 155030083 (2019) PEMBELAJARAN MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT MEMERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SELECT AND ASSAMBLE PADA SISWA KELAS X MA AL-INAYAH BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
17. BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Menciptakan kembali teks anekdot memerhatikan struktur dan kebahasaan merupakan pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan menulis dan melatih ketelitian. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam proses menciptakan kembali teks anekdot memerhatikan struktur dan kebahasaan. Permasalahan pada saat ini yaitu peserta didik yang masih kesulitan dalam menciptakan kembali teks anekdot memerhatikan struktur dan kebahasaan. desain penelitian yang digunakan penulis adalah kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu dalam melaksanakan kegiatan dalam merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran menciptakan kembali teks anekdot memerhatiakan struktur dan kebahasaan dengan menggunakan metode select and assamble. Terbukti hasil dari perencanaan pembelajaran yaitu 3,68 dan memperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,66. (2) Kemampuan hasil belajar peserta didik meningkat dalam mengerjakan pembelajaran menciptakan kembali teks anekdot memerhatikan struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti dari hasil statistik deskriptif dari uji independent Sample T-Test untuk postes kelas eksperimen dan postes kelas kontrol yaitu memiliki nilai rata-rata (Mean) pada postes kelas eksperimen sebesar 84,97 dan postes kelas kontrol sebesar 65,69. Maka dapat disimpulkan nilai hasil belajar peserta didik dari kelas eksperimen lebih besar daripada nilai hasil belajar kelas kontrol. (3) Metode select and assamble efektif digunakan dalam pembelajaran menciptakan kembali teks anekdot memerhatikan struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti karena dilihat dari hasil perhitungan uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen (Metode select and assamble) sebesar 66,61 kategori cukup efektif. Sementara nilai rata-rata N-Gain Score kelas kontrol (Metode mind mapping) sebesar 39,70 kategori tidak efektif. Kata Kunci : Menciptakan, struktur dan kebahasaan, metode select and assamble
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 03:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45598 |
Actions (login required)
View Item |