Gina Dwi Anggriani, 155010018 (2019) PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI DAN SIKAP ANTI KORUPSI (Studi Kasus Peserta Didik Kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya upaya pemerintah mengantisipasi pengaruh korupsi terhadap sikap dan karakter peserta didik melalui program menanamkan nilai dan sikap anti korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PPKn dalam Menanamkan Nilai dan Sikap Anti Korupsi kepada Peserta Didik. Penelitian ini berlokasi di SMA Pasundan 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi literatur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program guru PPKn dalam Menanamkan Nilai dan Sikap Anti Korupsi yaitu sekolah sudah dilaksanakannya pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta diintegrasikan pada peraturan tata tertib disekolah. (2) Faktor pendukung dalam Menanamkan Nilai dan Sikap Anti Korupsi SMA Pasundan 3 Bandung yaitu tersedianya kegiatan ektrakulikuler sekolah dalam menanamkan nilai kejujuran, disiplin serta aqidah. Kendala yang dihadapi dalam Menanamkan Nilai dan Sikap Anti Korupsi yaitu Peserta Didik belum sepenuhnya memahami arti penting Pendidikan Anti korupsi, masih ada yang mencontek, dan masih ada Peserta Didik yang belum jujur. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru PPKn yaitu melalui pelatihan dan bimbingan, kantin kejujuran, memperbaiki kurikulum dengan mengintegrasikannya Pendidikan Anti Korupsi serta melalui evaluasi aspek proses implementasi kurikulum dari awal hingga akhir. Kata Kunci : Guru PKn, Nilai, Sikap Anti Korupsi, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 08:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45554 |
Actions (login required)
View Item |