PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS PROYEK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISRIK TENAGA MINIHIDRO (PLTM) KALAPA NUNGGAL (STUDI KASUS: PT. BANGUN NUSANTARA ENGINEERING)

FERLY ASRI, 173010088 and Asep Saefulbachri Ramli, ds (2019) PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS PROYEK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISRIK TENAGA MINIHIDRO (PLTM) KALAPA NUNGGAL (STUDI KASUS: PT. BANGUN NUSANTARA ENGINEERING). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ferly Asri_173010088_Teknik Industri.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Bangun Nusantara Engineering adalah sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam jasa konsultan teknik terutama di bidang energi baru dan terbarukan berlokasi di Jalan Sukahaji No. 12, kota Bandung, Jawa Barat. Saat ini, permasalahan yang dialami oleh PT. Bangun Nusantara Engineering adalah belum memiliki manajemen strategi yang tepat untuk menghadapi ancaman dan perubahan kebijakan pemerintah mengenai program ketenagalistirikan nasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana PT. Bangun Nusantara Engineering dapat menyusun rencana dan strategi bisnis yang tepat serta menjabarkan bagaimana strategi fungsional dalam bentuk aspek pemasaran, aspek teknis dan operasi, aspek organisasi dan sumber daya manusia, hingga aspek keuangan. Metode yang digunakan adalah penyusunan rencana bisnis dengan analisis strategi menggunakan analisis Matriks IE dan Matriks SWOT, serta analisis keuangannya dilakukan dengan menggunakan metode skenario moderat atau normal, dan skenario optimis. Setelah dilakukan penelitian didapatkan fakta bahwa dalam aspek pemasaran PT. Bangun Nusantara Engineering berfokus pada semua usaha dan kegiatan yang membutuhkan jasa konsultan teknik, pada aspek teknis dan operasi digunakan juga untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis, serta aspek organisasi dan SDM dengan menambah sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman. Dalam aspek keuangan dan kelayakan investasi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Kalapa Nunggal layak untuk direalisasikan. Payback Period (PP) pada skenario moderat atau normal dan optimis adalah sama selama 4 tahun. Net Present Value (NPV) pada skenario moderat sebesar Rp 38,926,753,660 dan NPV skenario optimis sebesar Rp 60,089,773,446. Internal Rate Of Return (IRR) pada skenario moderat 15.70% dan Internal Rate Of Return (IRR) pada skenario optimis sebesar 16.77% dan Profitability Index (PI) pada skenario moderat atau normal adalah 2.14 dan pada skenario optimis adalah 2.47. Kata Kunci : Konsultan Teknik, Strategi, Rencana Bisnis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:23
Last Modified: 09 Oct 2019 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45509

Actions (login required)

View Item View Item