Dini Amalia Rachmawati, 155060185 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, DAN SATISFACTION (ARCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN Pamanukan Sebrang I Kecamatan Pamanukan Kabupaten/Kota Subang Tahun ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (707kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran konvensional yang masih digunakan di SDN Pamanukan Sebrang 1 yaitu dengan matode ceramah menjadikan motivasi belajar siswa menurun yang kemudian berdampak pula pada pemahaman konsep siswa, terlihat dari hasil nilai ulangan di kelas V sebanyak 55,5% dari 36 siswa di kelas VA dan VB SDN Pamanukan Sebrang 1 masih belum mencapai KKM. Oleh karena itu perlu inovasi baru dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran attention, relevance, confidence, & satisfaction (ARCS) merupakan model yang baik digunakan pada tema organ gerak hewan dan manusia subtema organ gerak hewan di kelas V SD karena dapat menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi menarik dan siswa lebih berpikir kritis, sistematis dan mandiri sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model ARCS terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group . Pengambilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data pemahaman konsep. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan ARCS dan VB sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional di SDN Pamanukan Sebrang 1 Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, dan uji effect size dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu gambaran proses pembelajaran yang dilakukan dengan baik, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,000 melalui uji Mann withney, terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap pemahaman konsep sebesar 2,54 yang berkategori besar dan 0,62 terhadap motivasi belajar yang berkategori besar pula melalui uji effect size. Dengan demikian model pembelajaran ARCS memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di kelas V SD. Kata kunci : ARCS, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 09:17 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 08:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45496 |
Actions (login required)
View Item |