R. REGIYANTRI SARIZKA, 155060012 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen. Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Subtema 2 Keberagaman Dalam Keragaman. Siswa Kelas IV SDN Cangkuang 03 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01 COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
01 Lembar Pengesahan.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
02 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
03 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
04 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
06 BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
07 BAB II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text
08 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
09 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar adalah bagian yang harus dimiliki siswa dalam kegiatan belajar. Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pada model yang digunakan pada proses belajar mengajar dikelas, khususnya Model Problem Based Learing (PBL). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada kelas IV SDN Cangkuang 03. (2) seberap a besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada kelas IV SDN Cangkuang 03. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan jenis nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan IVB sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket pretest dan posttest motivasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Peneliti juga melakukan uji prasyarat terlebih dahulu Uji Normalitas dan Uji Linear Sederhana kemudian untuk menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan Uji Regresi dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapatnya pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari signifikan diperoleh sebesar 0.03 dengan pengambilan keputusan menggunakan silai standar SPSS sebesar 0.05. dan untuk seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar dengan hasil presentase nilai Rsquare sebesar 22,6%. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa berpengaruh karena siswa dapat lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah di poses kegiatan belajar mengajar dikelas. Kata Kunci : pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 08:44 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 08:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45490 |
Actions (login required)
View Item |