MELA ARYASARI, 155020067 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA SEKECAMATAN CICENDO BANDUNG (Survey pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana penerapan kompetensi pedagogik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung, (ii) bagaimanakah penerapan kompetensi kepribadian pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swa sta Sekecamatan Cicendo Bandung, (iii) bagaimanakah penerapan kompetensi profesional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung, (iv) bagaimanakah penerapan kompetensi sosial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung, dan (v) seberapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan subjek berjumlah 134 peserta didik. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) kompetensi pedagogik guru di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung sebesar 3,38 dengan kategori “baik”, (ii) kompetensi kepribadian guru di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung sebesar 3,31 dengan kategori “baik”, (iii) kompetensi profesional guru di SMA Swasta Sekecamatan Cicendo Bandung sebesar 3,29 dengan kategori “baik”, (iv) kompetensi sosial guru di SMA S wasta Sekecamatan Cicendo Bandung sebesar 2,66 dengan kategori “cukup baik”, dan (v) adanya pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,256 atau 25,6% dan sisanya 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, diharapkan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu guna meningkatkan kualitas pendidikan, (ii) bagi guru, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru, (iii) bagi peserta didik, diharapkan bisa memotivasi diri agar tidak bergantung pada guru, dan (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai bahan penelitian yang serupa tetapi dengan faktor lain, ide maupun sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memberikan sumbangan pem ikiran yang lebih baik terkait dengan kompetensi guru dan hasil belajar. Kata Kunci: Kompetensi guru, hasil belajar, mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 07:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 07:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45409 |
Actions (login required)
View Item |