Nurul Qodriyah, 155060104 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Sumber Energi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Tilil Kota Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tema Selalu Berhemat Energi subtema Sumber Energi di kelas IV SDN 032 Tilil Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya sikap disiplin, tanggung jawab, keterampilan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap disiplin, sikap tanggung jawab, keterampilan dan hasil belajar siswa pada siklus I persentase sikap disiplin siswa sebesar 74,19% dengan kategori baik pada siklus II sebesar 85% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I persentase sikap tanggung jawab siswa sebesar 67,2% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 88,38% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 95,54% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I persentase keterampilan siswa sebesar 63,5% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 83% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 88,5% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I persentase penilaian hasil belajar siswa pretest postest sebesar 22,5%. Pada siklus II persentase hasil pretest postest siswa sebesar 64,51% dan pada siklus III persentase penilaian hasil belajar siswa pretest postest sebesar 93,54%. Dengan demikian analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Selalu Berhemat Energi subtema Sumber Energi. Kata Kunci: hasil belajar, kooperatif tipe STAD, siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:57 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 08:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45377 |
Actions (login required)
View Item |