Anti Rahmawati, 155060200 (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA SD (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SDN 066 Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B INDONESIA.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan media pembelajaran boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 066 Halimun Bandung, pada sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini didasari oleh keterampilan menyimak siswa yang belum mencapai hasil maksimal, masih rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa, paradigma guru yang beranggapan bahwa keterampilan menyimak akan dapat dipahami secara sendirinya tanpa harus diajarkan terlebih dahulu, penggunaan media pembelajaran belum variatif terutama dalam pembelajaran menyimak cerita anak, masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyimak isi dari cerita anak, belum optimalnya kemampuan guru dalam menyajikan media pembelajaran yang dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan Observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak 3 siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 78,25%, siklus II 88,25% dan siklus III 96,50%), kedua adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 77,75%, siklus II 88,5%, siklus III 97,25%), ketiga adanya peningkatan keterampilan menyimak siswa dari hasil penilaian observer (siklus I mencapai 73,33%, siklus II 90%, siklus III 100%), keempat adanya peningkatan keterampilan menyimak siswa dilihat dari tes uraian berupa pretest dan posttest (siklus I mencapai 51,66%, siklus II 74,99%, siklus III 96,66%), kelima adanya peningkatan hasil belajar (siklus I 54,99%, siklus II 78,33% dan siklus III 96,66%), keenam adanya peningkatan sikap peduli (siklus I 36,66%, siklus II 74,99% dan siklus III 95%), ketujuh adanya peningkatan sikap santun (siklus I 38,33%, siklus II 74,99% dan siklus III 96,66%) dan kedelapan adanya peningkatan keterampilan (siklus I 39,99%, siklus II 74,99% dan siklus III 96,66%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah setelah diterapkannya media pembelajaran boneka tangan, maka keterampilan menyimak dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, begitupun sikap peduli, sikap santun dan keterampilan. Dengan demikian pembelajaran tema indahnya kebersamaan pada sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku, dengan menggunakan media pembelajaran boneka tangan dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Media Boneka Tangan, Keterampilan Menyimak, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:46 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 08:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45374 |
Actions (login required)
View Item |