Naila Hazimah, 155060051 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Pasawahan 01 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01 Cover Skripsi nai.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indonesia.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Pasawahan 01. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini dipengaruhi oleh guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, proses pembelajaran hanya menitikberatkan pada buku pelajaran, penataan tempat duduk siswa di kelas masih secara tradisional, sehingga pembelajaran terlihat monoton, menjenuhkan dan menyebabkan siswa cenderung bersifat individual serta kurangnya berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metod e Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan tiap 1 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasawahan 01 Kabupaten Bandung tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan objek penelitian in i adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Hal tesebut dapat dilihat dari rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh 78%, siklus II memperoleh 90% dan siklus III memperoleh 98%. Selain itu dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh 89%, siklus II memperoleh 92% dan siklus III memperoleh 98%. Dan dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I memperoleh 60%, siklus II memperoleh 73% dan siklus III memperoleh 87%. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Pasawahan 01. Kata kunci: problem based learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:33 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 08:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45371 |
Actions (login required)
View Item |