PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Quasi Eksperimen pada kelas IV SDN 055 Jatihandap)

Siti Nur Janah, 155060044 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Quasi Eksperimen pada kelas IV SDN 055 Jatihandap). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 Cover Skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 Abstrak B.Inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Abstrak B.Sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 BAB III.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 055 Jatihandap Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Penelitian ini latar belakangi oleh keadaan siswa yang memiliki kemampuan berpikir secara komplek yang rendah salah satunya adalah kemampuan dalam pemecahan masalah, model pembelajaran yang digunakan juga hanya mengunakan model konvensional, sedangkan model-model pembelajaran lain khususnya model problem based learning belum pernah dilaksanakan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi esksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda dan dengan observasi. Pada hasil tes menunjukan kelas eksperimen dan pada kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas kelas kontrol diperoleh mean sebesar 60,32 dan pada kelas eksperimen diperoleh mean sebesar 83,28. Bersarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan model problem based learning lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Selanjutynya berdasarkan hasil pengujia hipotesis dengan menggunakan uji regresi sederhana nilai signifikasi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 maka sesuai dengan kriteria H0 ditolak dan Ha diterima yang meunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah. Dengan besaran pengaruh sebanyak 42,4% yang dilakukan pengujian koefisien determinasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV dengan subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 08:18
Last Modified: 05 Oct 2019 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45367

Actions (login required)

View Item View Item