Siti Nur Janah, 155060044 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Quasi Eksperimen pada kelas IV SDN 055 Jatihandap). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01 Cover Skripsi.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
02 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
03 Abstrak B.Indonesia.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
04 Abstrak B.Inggris.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
05 Abstrak B.Sunda.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
07 BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
08 BAB II.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
09 BAB III.pdf Download (772kB) | Preview |
|
Text
10 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
12 Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 055 Jatihandap Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Penelitian ini latar belakangi oleh keadaan siswa yang memiliki kemampuan berpikir secara komplek yang rendah salah satunya adalah kemampuan dalam pemecahan masalah, model pembelajaran yang digunakan juga hanya mengunakan model konvensional, sedangkan model-model pembelajaran lain khususnya model problem based learning belum pernah dilaksanakan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi esksperimen dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda dan dengan observasi. Pada hasil tes menunjukan kelas eksperimen dan pada kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas kelas kontrol diperoleh mean sebesar 60,32 dan pada kelas eksperimen diperoleh mean sebesar 83,28. Bersarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan model problem based learning lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Selanjutynya berdasarkan hasil pengujia hipotesis dengan menggunakan uji regresi sederhana nilai signifikasi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 maka sesuai dengan kriteria H0 ditolak dan Ha diterima yang meunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah. Dengan besaran pengaruh sebanyak 42,4% yang dilakukan pengujian koefisien determinasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV dengan subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:18 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 08:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45367 |
Actions (login required)
View Item |