PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat)

Eri Rizkiyanti Fadilah, 155060036 (2019) PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.ind.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.ing.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.sund.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bismillah skripsi bab 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bismillah skripsi bab 2.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III skripsi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
bab IV skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BAB 1-5.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendampingan orang tua terhadap belajar anaknya merupakan hal yang utama dan sangat penting dilakukan oleh orang tua demi keberhasilan dalam belajar anaknya. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain oleh pendampingan orang tua terhadap belajar anaknya. Perbedaan pendampingan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar akan mengakibatkan hasil belajar yang berbeda-beda pada diri anak. Seperti halnya pendampingan orang tua dalam hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri I, II, dan III Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anaknya belajar, untuk mengetahui seberapa besar pendampingan orang tua terhadap belajar anaknya, dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara pendampingan orang tua terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif . penelitian ini dilakukan dikelas IV SD di Kecamatan Cipatat. Penelitian ini mempunyai populasi sejumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probablity Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi berupa nilai harian siswa semester genap 2019/2020. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 40 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,811. Analisis data yang dilakukan dengan uji hipotesis dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 80 dengan kategori baik dan adanya pengaruh orang tua terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai uji F F-hitung 20,755 dan nilai uji t t-hitung 4,556. Besaran pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar dapat dilihat dari nilai R² yaitu sebesar 0,513, maka 0,513 x 100% = 51,3%. Artinya pengaruh pendampingan orang tua berpengaruh terhadap nilai siswa sebesar 51,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Pendampingan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2019 07:47
Last Modified: 05 Oct 2019 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45362

Actions (login required)

View Item View Item