Siska Roofi Florina, 155060039 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Jayagiri Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover siska.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Inggris.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Sunda.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN Jayagiri Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya rasa percaya diri pada siswa yang mengakibatkan pembelajaran menjadi pasif. Terkait dengan proses pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan kurang variatif dan pembelajaran satu arah sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Metode yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Arikunto sistem siklus. Setiap siklus terdiri dari perancanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Adanya peningkatan hasil belajar siswa, siklus I 24%, siklus II 56%, siklus III 72%. Selain itu adanya peningkatan sikap percaya diri siswa, siklus I 48%, siklus II 66%, siklus III 74%. Keterampilan siswa pun meningkat, siklus I 25%, siklus II 62,5%, siklus III 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema organ gerak hewan di kelas V SDN Jayagiri Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Penggunaan Problem Based Learning (PBL) bisa dijadikan pilihan salah satu dari beberapa model pembelajaran untuk diterapkan di sekolah dasar. Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 07:42 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 07:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45360 |
Actions (login required)
View Item |