DENIA FAIJAH KURNIATI, 155060097 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas IV SD Assalaam Bandung pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
HARD COVER 1.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil penelitian di Kelas IV SD Assalaam Bandung, yang menunjukan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dan pendidik masih menggunakan metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat pembelajaran pada siswa rendah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dan keberagaman dikelas IV SD Assalaam Bandung. Oleh karena itu penelitian berusaha untuk meningkatkan hasil belajaar siswa dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Metode penelitian yang dilakukan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan tujuan untuk merefleksi dan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Assalaam Bandung dengan siswa 20 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I hasil belajar siswa dengan presentase 26,6%, siklus II 46,6%, dan siklus III 86,6%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I 60%, siklus II 76,25%, dan siklus III 82,5%. Adapun hasil pembelajaran yang terdiri ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah kognitif memperoleh presentase siklus I mencapai 20%, siklus II mencapai 30% dan siklus III mencapai 80%. Sedangkan ranah afektif siklus I mencapai 30%, siklus II 70%, dan siklus III 90% dan untuk ranah psikomotor siklus I 30%, siklus II 40%, dan siklus III 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan di kelas IV SD Assalaam Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada model Problem Based Learning (PBL) setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 02:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 06:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45299 |
Actions (login required)
View Item |