LUTHFIAH FAUZIAH IMANSYAH, 155060083 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS YANG MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Quasi Ekspeimen Peserta Didik Kelas V SDN Sayuran 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER BAB 1.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK ING.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAK FFIX.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang perbandingan hasil belajar IPS yang menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw dengan tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas V SDN Sayuran 02. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah belajar menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw pada peserta didik kelas V SDN Sayuran 02, 2)mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah belajar menggunakan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas V SDN Sayuran 02, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw dengan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas V SDN Sayuran 02. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sayuran 02. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 20 orang dan kelas VB yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata – rata hasil belajar IPS peserta didik yang diajar menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw meningkat dari 48,70 menjadi 80,00 dan untuk yang menggunakan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) juga mengalami peningkatan dari 48,25 menjadi 73,05. Selanjutnya, hasil analisis inferensial menggunakan SPSS menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw dengan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dimana pada hasil perhitungan nilai sig = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti H o ditolak. Kata kunci : model cooperative learning, tipe Jigsaw, tipe STAD, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 01:58 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 01:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45297 |
Actions (login required)
View Item |