Anggi Ameliya Effendi, 125060193 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN (PenelitianTindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Sukasari Kecamatan Wado Kabupaten SumedangTahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover SKRIPSI-converted.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan-converted.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia-converted.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
abstak bahasa Inggris-converted.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda-converted.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-converted.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
bab II-converted.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III-converted.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
BAB IV-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari yang cenderung pasif dalam pembelajaran dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang mononton, sehingga menyebabkan suasana belajar yang tidak menyenangkan. Dengan latar belakang tersebut, penelitian termotivasi untuk meningkatkan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan terdiri III siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari yang berjumlah 25orang, terdiri dari 10 orang lali-laki dan 15 orang perempuan. Pada hasil penelitian siklus I untuk ketuntasan sikap siswa dengan nilai akhir 2,2 termasuk dalam kriteria mulai terlihat, pada siklus II ketuntasan sikap siswa dengan nilai akhir 2,5 termasuk kriteria mulai berkembang dan pada siklus III ketuntasan sikap siswa dengan nilai akhir 2,7 termasuk kriteria mulai berkembang. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60% yang lulus dari 25 orang siswa dengan rata-rata kelas 70. Pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa menjadi peningkatan sebesar 80% siswa yang lulus mencapai ≥KKM dengan nilai rata-rata 73, serta pada siklus III persetase ketuntasan mencapai 88% siswa yang lulus dengan nilai rata-rata 74. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada subtema Bersyukur Atas Keberagaman dapat meningkatkan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, sikap peduli, santun dan hasil bejar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 08:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 08:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45291 |
Actions (login required)
View Item |