ELYTHA SEPTIANA, 155060077 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen Peserta Didik Kelas III SD Negeri 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI JADI].pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
INGGRIS ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA (1) (1).pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II BENER.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III BENER].pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 BENER (Autosaved).pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan media pembelajaran Sub tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup yang bertujuan agar meningkatnya Motivasi Belajar peserta didik Kelas III SDN 033 Asmi Bandung. Latar belakang penelitian ini yaitu bahwa dalam pembelajaran pendidik kurang menggunakan media pembelajaran, peserta didik merasa kurang bersemangat dan pembelajaran hanya bersifat konvensional saja, dan diambil dari rumusan masalah yaitu tentang seberapa pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan dengan digunakannya media pembelajaran berupa gambar yang berguna untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di dalam kelas yang dilihat yaitu sikap bertanggung jawab dan disiplin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen yang dimana didalam kelas ini terdapat kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi peserta didik, angket, dokumentasi dengan soal evaluasi dan LKPD. Berdasarkan penelitian tentang eksperimen dilaksanakan empat kali pertemuan yaitu dua kali pembelajaran di kelas eksperimen dan dua kali pembelajaran di kelas kontrol. Namun difokuskan hanya pada pembelajaran satu untuk melihat pengaruh penggunaan media , sedangkan pembelajaran lain hanya mendukung. Data yang diperoleh dari hasil rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan hasil adalah sebesar 0,406 atau 40,6% dengan hasil ini maka media pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran gambar, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 33,2%, sedangkan sisanya sebesar 100%-33,2%=66,8% dan hasil yang lebih berpengaruh yaitu dengan menggunakan media pembelajaran gambar dibandingkan metode konvensional yaitu dengan ceramah saja. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Sikap Percaya Diri dan Bertanggung Jawab, Subtema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45257 |
Actions (login required)
View Item |