PUANITA ANGGRAENI, 155020058 (2019) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Pasundan 8 & 9 Kota Bandung Tahun Ajaran (2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (972kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB III.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (655kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa di SMA Pasundan 8 & 9 Bandung kelas X IPS. Dimana tujuan penelitian ini untuk mengetahui (i) tingkat berpikir kreatif siswa kelas X IPS di SMA Pasundan 8 & 9 (ii) tingkat berpikir kreatif siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 8 & 9. Manfaat dari penelitian ini nantinya agar siswa mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimilikinya dan mengetahui cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket berbentuk instrument soal kepada 88 siswa/responden. Untuk mencari besar tingkat berpikir kreatif, analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (i) tingkat berpikir kreatif siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi semester genap dengan rata-rata sebesar 2,81 dan jumlah persentase 70,4% ada pada kategori “kreatif” yang artinya bahwa siswa sudah mampu menjawab menggunakan seluruh kemampuan berpikir kreatifnya, yaitu kemampuan berpikir kreatif lancar, luwes, rinci dan original. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni : (i) bagi siswa, tingkatkan kemampuan berpikir kreatif terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi dan era digital (ii) bagi sekolah lebih intensif lagi dalam mengontrol dan membimbing siswa untuk lebih terarah dalam mengasah kemampuan yang dimiliki siswa terutama siswa yang sudah memiliki prestasi dibidangnya. Guru turut serta dalam membantu mengembangkan tingkat berpikir kreatif siswa dengan cara mengganti soal dengan levek LOTS (Low Order Thinking Skills) menjadi soal HOTS (High Order Thinking Skills). Kata Kunci : berpikir kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 08:38 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 08:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44526 |
Actions (login required)
View Item |