KHAERUN NISA, 155020090 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK INDO.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XII IPS di SMA Nasional Bandung, (ii) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XII IPS di SMA Nasional Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan subjek berjumlah 55 siswa kelas XII IPS tahun ajaran 2019/2020 di SMA Nasional. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai : (i) Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diketahui keterampilan mengajar guru dipengaruhi oleh minat belajar sebesar 47,9% dan sebagian lainnya sebesar 52,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, (ii) Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diketahui keterampilan mengajar guru dipengaruhi oleh keaktifan siswa sebesar 42,1% dan sebagian lainnya sebesar 57,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Peneliti menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi siswa, siswa diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan keaktifan di kelas, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.. (ii) bagi guru, guru mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu meningkatkan keterampilan mengajar dengan menggunakan teknik mengajar yang dapat menarik siswa agar lebih aktif di kelas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal iii) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menyempurakan penelitian yang telah dilakukan. Juga diharapkan penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan cakupan objek yang lebih luas dan mengembangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keterampilan mengajar guru. Kata Kunci : Keterampilan mengajar guru, minat belajar, dan keaktifan siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 07:51 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44522 |
Actions (login required)
View Item |