PENGARUH KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SD NEGERI GUGUS II KECAMATAN SAGULING KABUPATEN BANDUNG BARAT)

Rizqi Gumilar Hikmatulloh, NPM : 168020063 (2019) PENGARUH KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SD NEGERI GUGUS II KECAMATAN SAGULING KABUPATEN BANDUNG BARAT). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Rizki Gumilar Hikmatulloh.rtf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bidang penting dalam manajemen pendidikan berkaitan dengan personil sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, tenaga pendidik yaitu guru. Guru sebagai seorang professional mempertaruhkan profesi pada kualitas kerjanya, hal ini menegaskan bahwa kinerja yang berkualitas akan menggambarkan kualitas professional seorang guru, dan sebaliknya kinerja yang dibawah standard kerja menggambarkan ketidakberhasilan guru menghormati profesinya sendiri. Oleh Karen aitu, kualitas kemampuan guru yang rendah akan berdampak pada rendahnya mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, komitmen organisasi, dan pengembangan karier terhadap kinerja guru di SD Negeri Gugus II Kecamatan Saguling. Variabel independen penelitian ini adalah kompetensi, komitmen organisasi, dan pengembangan karier. Variabel dependennya adalah kinerja guru. Penelitian menggunakan teknik sampling jenuh atau disebut juga sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Populasi penelitian ini adalah guru sebanyak 39 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk uji angket (kuesioner). Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, kuantitatif dan path analysis. Simpulan dari penelitian ini adalah (1)Tanggapan responden terkait variable kompetensi di SD Negeri Gugus II Kecamatan Saguling berada pada kategori baik, (2) Tanggapan responden terkait variable komitmen organisasi di SD NegeriGugus II Kecamatan Saguling berada pada kategori kurang baik, (3) Tanggapan responden terkait variable pengembangan karier di SD Negeri Gugus II Kecamatan Saguling berada pada kategori cukup baik, (4) Tanggapan responden terkait variable kinerja guru di SD Negeri Gugus II Kecamatan Saguling berada pada kategori kurang baik, (5) Kompetensi, komitmen organisasi, dan pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru di SD Negeri Gugus II Kecamatan Saguling. Kata Kunci : Kompetensi, komitmen organisasi, pengembangan karier, kinerja guru

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:54
Last Modified: 26 Sep 2019 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44519

Actions (login required)

View Item View Item