ESA SURI RATNASUMINAR, 155050022 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
10. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRACT.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (960kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMA relatif masih rendah. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMA adalah model Creative Problem Solving berbantuan Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi (positif) antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Soreang. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebradan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test(uji-t) melalui software IBM SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) terdapat korelasi (positif) antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra. Kata kunci: Creative Problem Solving berbantuan Geogebra, kemampuan pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 02:37 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44480 |
Actions (login required)
View Item |