ANALISIS KINERJA SEKOLAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada SMK BPI Kota Bandung)

YAYAN HIMAWAN, NPM: 168020021 (2019) ANALISIS KINERJA SEKOLAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada SMK BPI Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
YAYAN HIMAWAN_MM - Copy.docx

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tingkat kinerja menggunakan balanced scorecard meliputi empat aspek yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan faktor yang dipandang turut menentukan mutu pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil objek di SMK BPI Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil akhir penelitian menunjukan bahwa kinerja SMK BPI Kota Bandung secara umum dapat dilaksanakan sesuai dengan program yang direncanakan dengan melibatkan semua unsur sekolah, dimana pada perspektif keuangan menggunakan konsep value for money berdasarkan pada laporan realisasi anggaran dikategorikan ekonomis, efektif dan efisien, perspektif pelanggan menggunakan 5 (lima) dimensi mutu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara keseluruhan yang merupakan satu kesatuan dalam rangka memberikan pelayanan yang baik (service excellent) terhadap siswa yang dilakukan secara berkesinambungan oleh civitas akademika, perspektif proses bisnis internal dengan menganalisis data sekunder berupa laporan evaluasi diri sekolah (EDS) dengan kategori unggul, sedangkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dapat dideskripsikan bahwa peran Kepala Sekolah sebagai motivator dalam mengoptimalkan kinerja dan melibatkan guru serta tenaga administrasi di SMK BPI Kota Bandung dalam menentukan kebijakan dan menentukan sasaran strategis untuk kemajuan sekolah. Dari penelitian ini diharapkan SMK BPI Kota Bandung (1) Meningkatkan aspek kinerja pada perspektif balanced scorecard yang berada baik menjadi sangat baik, (2) Guru diharapkan terus berperan aktif dalam setiap kegiatan sekolah, (3) Sekolah melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi melalui supervisi Kepala Sekolah (4) Sekolah mempunyai inisiatif untuk mengembangkan dan meningkatkan kegiatan baik akademik maupun non akademik (ekstrakulikuler) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Kinerja Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Sep 2019 06:39
Last Modified: 24 Sep 2019 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43944

Actions (login required)

View Item View Item