PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survey empiris pada BPKAD dan Inspektorat Pemeritah Kota Bandung)

Wildan Ahmad Bachtiar Ahyar, 154020089 and Dr.Elvira.S.E.,M.Si.,AK.,CA, Pembimbing 1 (2019) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survey empiris pada BPKAD dan Inspektorat Pemeritah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstack indinesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstack indinesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I sudah di revisi.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III sudah di revisi.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembasr pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada BPKAD dan Inspektorat Pemerintah Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode teknik sampling jenuh. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, korelasi berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya sampel penelitian yang digunakan adalah 47 Responden dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian keusioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Dimana besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia sebesar 36,1% dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah sebesar 21,8% terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Secara simultan kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 57,9%, sedangkan sisanya yaitu 42,1% merupakan pengaruh faktor diluar kedua variabel independen yang sedang diteliti, seperti penerapan standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian internal, dan pemanfaatan teknologi informasi. Kata Kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Kualitas Laporan Keuangn Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:36
Last Modified: 23 Sep 2019 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43900

Actions (login required)

View Item View Item