Analisis Pengukuran Kinerja Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Dengan Integrasi Metode Strategic Management Analysis And Reporting Technique (SMART) System, Analitycal Hierarchy Process (AHP), dan Objective Matrix (OMAX)

Ivan Fanani Qomusuddin, NPM. 168030014 (2019) Analisis Pengukuran Kinerja Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Dengan Integrasi Metode Strategic Management Analysis And Reporting Technique (SMART) System, Analitycal Hierarchy Process (AHP), dan Objective Matrix (OMAX). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Ivan Fanani_teknik industri_168030014 - Copy.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja pada organisasi pendidikan keagamaan Islam, khususnya dalam lingkup program studi, yakni Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT At-Taqwa Ciparay Bandung dengan menggunakan metode SMART system. Metode SMART system merupakan metode pengukuran kinerja yang didasarkan pada sembilan perspektif dan sangat cocok digunakan untuk mengukur kinerja operasional perguruan tinggi secara keseluruhan. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan beberapa metode antara lain identifikasi dan penentuan strategi objektif dan Key Performance Indicator (KPI) berdasarkan Borang Akreditasi BAN-PT, dan IPD Monev Kopertais wilayah Jawa Barat Banten yang terangkum kedalam 9 (Sembilan) perspektif SMART system, pembobotan dengan Analytical Hierachy Process (AHP) untuk mengetahui skala nilai prioritas setiap KPI, Scoring System dengan metode Objectives Matrix (OMAX) dan Traffic Light System untuk mengetahui nilai (value) kinerja secara total Program Studi PAI STIT Attaqwa Ciparay Bandung. Hasil dari penelitian ini, didapat lima perspektif yang dianggap paling penting yang memiliki bobot lebih dari 10%, yakni productivity (0,243), quality (0,235), financial (0,156), cost (0,145), market share (0,109). Dari lima perspektif terdapat 16 key performance indicator. Hasil integrasi metode SMART system, AHP, OMAX dan traffic light systems, nilai (value) kinerja yang telah dilakukan terhadap 16 Key Performance Indicator (KPI), diperoleh nilai kinerja total Program Studi PAI STIT Attaqwa Ciparay sebesar 5,594. Pencapaian ini dapat dikatakan belum baik atau belum mencapai target. Ada 8 Key Performance Indicators yang perlu mendapat perhatian khusus untuk diperbaiki karena sangat berpengaruh terhadap kinerja Program Studi PAI STIT Attaqwa Ciparay, yaitu : % dosen tetap yang berpendidikan S3%, jumlah publikasi jurnal dosen, rasio kegiatan pengabdian masyarakat, rerata dana penelitian terhadap jumlah dosen, rasio jumlah penelitian dosen, rasio dosen dan mahasiswa, % dosen tersertifikasi, dan % pendapatan dari mahasiswa. secara garis besar usaha perbaikan terutama berkaitan dengan peningkatan optimalisasi kinerja dosen pada kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat, peningkatan kompetensi dosen dan penerimaan pendapatan yang bersumber dari mahasiswa. Kata kunci : Pengukuran kinerja, SMART system, Analitycal Hierarchy Process (AHP), dan Objective Matrix (OMAX)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:15
Last Modified: 23 Sep 2019 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43892

Actions (login required)

View Item View Item