ANGGUN NOVITA, 155020010 (2019) PENGARUH KESULITAN BELAJAR PADA KELOMPOK MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2015 Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1, Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2, lembar pengesahan.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
5, abstrak indonesia.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
6, abstract english.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
7, abstrak sunda.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) mengetahui kesulitan belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2015 pada kelompok mata kuliah akuntansi keuangan. (2) mengetahui minat mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2015 untuk menjadi guru akuntansi. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh kesulitan belajar pada kelompok mata kuliah akuntansi keuangan terhadap minat mahasiswa menjadi guru akuntansi di prodi pendidikan ekonomi angkatan 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode survey, serta bersifat deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pasundan yang berjumlah 99 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang utama dalam penelitian ini berupa angket, sedangkan pengolahan data menggunakan program microsoft excel 2013 dan spss v.25. Hasil penelitian ini: (1) kesulitan belajar mahasiswa berada dalam kategori “cukup tinggi”, faktor utama yaitu berasal dari faktor intern (intelegensi, labilnya emosi/sikap, terganggunya alat -alat indera penglihatan dan pendengaran) dengan rata-rata 3,03. (2) minat mahasiswa menjadi guru akuntansi termasuk ke dalam kategori “tinggi”, faktor utama yaitu berasal dari faktor eksternal (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah/kampus dan lingkungan masyarakat) dengan rata-rata 3,70. (3) terdapat cukup pengaruh antara variabel X dengan variabel Y yaitu sebesar 0,306 artinya kesulitan belajar mempunyai pengaruh sebesar 30,6% terhadap minat menjadi guru akuntansi, sedangkan sisanya 69,4% dijelaskan oleh variabel dan indikator lain yang tidak diteliti, pada koefisien regresi kesulitan belajar memiliki tanda negatif yang berarti semakin kecil kesulitan belajar maka semakin tinggi minat menjadi guru akuntansi, artinya kesulitan belajar berpengaruh negatif terhadap minat menjadi guru akuntansi. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, karena terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Kata kunci: Kesulitan belajar, Minat menjadi guru, Akuntansi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:43 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 03:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43821 |
Actions (login required)
View Item |