Dea Ayu Lestari, 155050053 (2019) PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF- CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II KAJIAN TEORI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB_III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
Text
BAB_IV HASIL & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
||
Text
BAB_V SIMPULAN & SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis termasuk dalam standar kemampuan matematis yang diperlukan oleh siswa. Namun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena dalam proses pembelajaran matematika umumnya terlalu berkonsentrasi pada latihan soal yang bersifat prosedural dan mekanistik daripada pengertian. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan Self-confidence adalah pembelajaran REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 2) mengetahui peningkatan Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 3) mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan Self-confidence siswa SMP dengan model pembelajaran REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas 7 SMP Pasundan 3 Bandung. Sampel penelitian ini dipilih secara acak menurut kelas sebanyak dua kelas yakni, kelas 7C sebagai kelas eksperimen dan 7D sebagai kelas kontrol di SMP Pasundan 3 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes), dan instrumen non-tes berupa angket Self-confidence. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data pretes -postes melalui software SPSS Statistic 20,0 for Windows. Dari hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 2) Self-confdence siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT lebih baik daripada Self-confidence yang memperoleh model Discovery Learning; 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa SMP melalui model pembelajaran REACT. Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematis, REACT, Self-confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:57 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43619 |
Actions (login required)
View Item |