LELI LAELANI, 155020049 (2019) PERSEPSI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MICRO TEACHING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 FKIP Unpas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching, minat menjadi guru serta pengaruh persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching serta pengaruhnya terhadap minat menjadi guru (survey pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 FKIP Unpas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan sampel mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Unpas angkatan 2015 yang berjumlah 99 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 24.0. for Windows. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching sebesar 4,08 (81,54%) dan minat menjadi guru sebesar 4,16 (83,20%). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,263. Hal ini dapat dideskripsikan bahwa variabel X mempunyai pengaruh sebesar 26,3% terhadap variabel Y dan sisanya 73,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 26,3% disebabkan oleh variabel X berupa persepsi mahasiswa dalam pembelajaran praktik micro teaching. Peneliti mempunyai saran kepada pihak-pihak terkait yakni: (1) Bagi mahasiswa, mampu mengaplikasikan proses pembelajaran praktik micro teaching dengan maksimal; (2) Bagi dosen, mampu meningkatkan kualitas dalam mengajar seperti melakukan bimbingan sebelum memulai melakukan proses pembelajaran, serta penilaian dan evaluasi terhadap penampilan mahasiswa praktikan; (3) Bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian serupa dengan metode yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran micro teaching pada pokok bahasan yang lain. Kata Kunci :Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Praktik Micro Teaching, Minat Menjadi Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 02:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43608 |
Actions (login required)
View Item |