PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

VIVIT DEVYASARI UTAMI, 155040008 (2019) PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI...pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup menggunakan media Herbarium dan media gambar di SMP Negeri 1 Tirtamulya. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain One - Group Pretest - Posttest Design. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif,afektif dan psikomotor, instrument berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal untuk mengukur ranah kognitif siswa. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pre-test 40,5 sebesar dan Posstest 70,52. Aspek afektif 84 dan aspek psikomotor 79,5. Analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji Homogenitas, Uji T dan Normalitas-Gain. Hasil penilaian pada hasil belajar yaitu dengan N -Gain sebesar 0,52 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis dengan sig. sebesar 0,00<0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil pre-test dan posttest . Dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media Herbarium dan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media, Herbarium, Gambar, Klasifikasi Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:52
Last Modified: 16 Sep 2019 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43557

Actions (login required)

View Item View Item