Jumiati, 155040002 (2019) EFEKTIVITAS METODE INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BIOLOGI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INDO.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
10. Ringkeusan.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan yang menuntut peserta didik untuk memiliki berbagai keterampilan agar menjadi masyarakat yang berkualitas dan mampu menghadapi persaingan global serta pesatnya perkembangan IPTEK di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis ialah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh peserta didik agar mampu menghadapi pesatnya perkembangan Abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA IV berjumlah 34 peserta didik. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain sebesar 0.60. Uji Normalitas adalah uji penyebaran data yang berdistribusi normal signifikansi <0,005. Sedangkan uji Homogenitas adalah uji mengenai sama tidaknya variasi-variasi dua buah distribusi atau lebih. Pengujian homogenitas varians menggunakan uji dua pihak dengan signifikansi <0,005. Pada uji normalitas pretest signifikansi 0,009 sedangkan pada posttest mendapatkan signifikansi 0,174. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data penelitian ini berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas prestest dan posttest mendapatkan signifikansi 0,68. Maka dapat disimpulkan data dari hasil pretest dan posttest tersebut berasal dari populasi varians yang bersifat sama atau homogeny. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir kritis, Metode Inquiry Based Learning (IBL), Materi Sel
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 04:24 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 04:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43533 |
Actions (login required)
View Item |