CITRA ANNISA NUR CIKAL, 155030010 (2019) PENERAPAN METODE COOPERATIVE ROUN TABLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA YANG BERORIENTASI PADA NILAI SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP KARYA PEMBANGUNAN CIPARAY TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI-.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.inggris.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.sunda.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis drama yang berorientasi pada nilai sosial dilakukan dengan cara menulis. Dalam pembelajaran ini peserta didik menulis drama yang berkaitan pada nilai sosial dalam kehidupan sehari-sehari. Adapun menulis drama berakaitan pada struktur dan kaidah. Maka dari itu metode cooperative round table merupakan metode yang membuat peserta didik belajar secara berkelompok dan secara individu. Penggunaan metode cooperative round table dalam pembelajaran menulis drama diharapkan dapat menumbuhkan sikap gotong royong pada peserta didik. Dengan demikian penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis drama menggunakan metode cooperative round table untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa kelas VIII SMP Karya Pembangunan Ciparay. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut. 1) bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas VIII kelompok eksperimen dan kelas VIII kelas kontrol dalam pembelajaran menulis drama yang berorientasi pada nilai sosial menggunakan metode cooperative round table?, 2) tepatkah metode cooperative round table digunakan dalam pembelajaran menulis drama untuk kelas VIII SMP Karya Pembangunan Ciparay? Adapun hasil penelitian yaitu hasil penilaian sikap kelas eksperimen peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 3,3 digolongkan baik sedangkan pada kelas kontrol yaitu 3,1 digolongkan baik. Kemampuan menulis drama peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode cooperative round table lebih unggul yaitu dengan rata-rata hasil 75 < 33,5 dengan selisih sebesar 48,2. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 52,1 < 59,3 dengan selisih sebesar 49,1 dengan uji statistik. Hal ini membuktikan jika penggunaan metode pembelajaran cooperative round table lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis drama yang berorientasi pada nilai sosial. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, drama, nilai sosial, metode cooperative round table.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 04:48 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 08:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43466 |
Actions (login required)
View Item |